Hosting dan Domain Murah Berkualitas

Posted on

Hosting dan Domain Murah Berkualitas. Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai Hosting dan Domain Murah Berkualitas, lebih dulu kita harus tahu pengertian hosting dan domain. Artikel ini akan menjelaskan apa itu pengertian Domain, Hosting dan Website khusus untuk anda yang baru di dunia internet dan belum mengenal ke-tiga istilah tersebut.

Bagi anda yang baru pertama kali membuat sebuah website mungkin anda masih bingung tentang perbedaan apa itu domain dan hosting.  Saya akan mencoba menjelaskan dengan lebih simpel tentang domain dan hosting. Sebuah website terdiri dari 3 hal, yaitu:

  1. Domain : nama / alamat website anda
  2. Hosting : tempat menyimpan segala file website
  3. Design : penampilan sebuah website

tanpa salah satu di atas website anda tidak akan dapat di akses melalui internet.

jika harus diibaratkan dengan dunia nyata maka website itu seperti sebuah rumah. Domain adalah alamat untuk menuju rumah anda, hosting adalah tanah dan design adalah bentuk bangunan rumah anda.

hosting-dan-domain-murah-berkualitas

Pengertian Domain Dan Hosting Murah Berkualitas

Pengertian Domain

Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama wita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja.

Jadi domain adalah identitas anda di Internet

Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer di internet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip diinternet adalah 203.30.236.154. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut bukan.

Maka dari itulah dibuat fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang.

Pengertian Hosting

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.

Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.

Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya

Domain dibagi menjadi 3

  1. Domain TLD (Top Level Domain) : adalah domain-domain yang paling populer di pakai di seluruh dunia seperti .com, .org, .net, .info dan beberapa ekstensi lainnya
  2. Second Level Domain : adalah domain level 2. Di Indonesia kita juga kenal seperti .co.id, .web.id, net.id dan beberapa ekstensi lainnya
  3. Lower Level Domain : biasanya juga disebut dengan subdomain. misal seperti blog.bratayudha.com

Perbedaan Hosting Gratis Vs Hosting Berbayar

Dalam mengelola website tentu kita membutuhkan yang namanya hosting, Dalam hal ini tentu Anda sudah banyak mendengar tentang layanan beberapa hosting di internet yakni hosting gratis dan hosting berbayar. Tentu kita tidak asing mendengar 2 hal ini. Sebenarnya dari layanan hosting tersebut apa saja yang akan Anda dapatkan baik yang gratis dan berbayar.

Mari kita kupas mana yang lebih baik untuk kita apakah hosting gratis atau hosting berbayar. Karena kedua hosting ini sangat menjanjikan sekali dalam menjalankan bisnis online. Pertanyaannya mana yang lebih baik apakah hosting berbayar atau hosting gratis? berikut ini beberapa hal yang akan membedakan dari kedua layanan hosting tersebut.

Hosting Gratis

Kita bicara tentang hosting gratis dahulu, Secara harfiyah layanan hosting gratis memang tidak menuntut kita tentang biaya ini poin pertama yang mungkin menjadikan kita pertimbangan, Seperti yang kita ketahui hosting gratis sudah banyak yang menggunakan bahkan bisa dibilang hosting gratis memang banyak peminat seperti blogspot dan wordpress misalnya yang saat ini sudah banyak di gunakan oleh member guna membuat website baik untuk blog pribadi atau bisnis online.

Hosting gratis tidak hanya digunakan untuk kalangan bawah saja, bahkan kalangan atas pun menggunakan fasilitas gratis ini, Kenapa? Dari sudut pandang memang layanan gratis tidak akan mengeluarkan dana. ini salah satu alasan mereka menggunakan hosting gratis. Tapi tidak berarti layanan yang gratis mendapatkan lebih banyak fitur, ini yang harus Anda pertimbangkan.

Kelemahan dari hosting gratis

Kelemahan dari hosting gratis tentu saja ada banyak sekali, ada pun yang mungkin menjadi salah satu kelemahan dari hosting gratis adalah pada tingkat managemnet sistem yang akan membuat batasan pada pengelolaan website. Pada hosting gratis Anda tidak akan pernah mendapatkan layanan penuh, Terutama pada fasilitas tentang performa dari website kita. belum lagi dengan menggunakan hosting gratis kita akan di hadapkan semua permasalahan yang hanya bisa di kerjakan secara manual dan ini sudah pasti.

Untuk tingkat privasi tentu saja hosting gratis tidak sepenuhnya milik Anda jadi kalau sewaktu-waktu pemiliki hosting inginkan penghapusan website Anda harus menerima dengan lapang dada. Ini salah satu kelemahan dari hosting gratis.

Kelemahan dari hosting gratis tidak hanya berhenti pada management sistem saja. ada banyak sekali yang mungkin akan membuat Anda membuang waktu dengan layanan ini. Misalnya tentang desain theme yang mungkin akan ada batasan ruang lingkup atau mungkin hanya bisa menggunakan beberapa theme yang disediakan saja. sudah jelas kalau semua ruang dibatasi mau tidak mau Anda harus bersabar dalam hal ini.

Hosting Berbayar

Seperti yang kita ketahui bahwa hosting berbayar adalah salah satu layanan yang akan mempermudah kita untuk mengelola situs web sepenuhnya. Artinya Anda bebas untuk melakukan apa pun dalam mengelola website dengan menggunakan layanan berbayar. Kita ambil dari hosting berbayar milik wordpress yang sekarang ini banyak digunakan untuk bisnis online dan toko online. pada layanan self hosting ini sendiri akan banyak fasilitas yang Anda inginkan, Jika Anda menggunakan layanan hosting berbayar Anda akan lebih mudah untuk membuat database, FTP, MySQL, PHP dan banyak lagi. ini salah satu keunggulan dari hosting berbayar.

Pada hosting berbayar Anda juga akan lebih mudah untuk mendapatkan email dengan nama domain Anda. Fasilitas ini tidak akan pernah Anda temui pada layanan hosting gratis. Email domain biasanya akan lebih mudah kita untuk berpromosi di internet selain itu email domain juga salah satu cara menjalankan email marketing untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Kelebihan lainnya dari hosting berbayar adalah pada design website Anda akan lebih elegan dan dengan mudahnya kita membuat tampilan website sesuai dengan yang kita mau tanpa harus mengerjakan secara manual. Ini sangat berbeda sekali jika Anda masih menggunakan layanan hosting gratis. dan belum lagi dari hosting berbayar akan lebih banyak theme yang akan kita dapat tanpa harus ada batasan. Kita ambil dari layanan wordpress berbayar, banyak sekali theme yang akan mempermudah kita untuk mengelola website company atau toko online.

hosting-dan-domain-murah

Hosting dan Domain Murah Berkualitas

Harus di perhatikan saat akan menyewa sebuah hosting kepada jasa penyedia webhosting, ibarat kita membeli sebuah produk yang nantinya kita gunakan untuk keperluan vital kita. Saat ini banyak sekali jasa penyedia hosting dan domain yang menawarkan beragam fasilitas hosting dengan harga yang murah, serta fasilitas yang (katanya) lengkap serta paling cepat dalam hal akses. Berikut ini adalah cara memilih Hosting dan Domain Murah Berkualitas.

Mencari informasi dan referensi

Jangan tergiur dengan haraga penawaran “murah”, serta promo yang banyak di “gemborkan” unlimited, sebaiknya kita cari tau informasinya terlebih dahulu, melihat dan memeriksa apakah ada yang mereferensikan web hosting tersebut. atau sudahkah ada pelanggan yang menggunakan jasa sewa hosting tersebut dan merekomendasikan kepada publik.

Memilih paket sesuai dengan kebutuhan dan harga

Yang harus anda perhatikan adalah, keperluan yang kita butuhkan, apakah kita akan membuat sebuah website/blog untuk tahap belajar, personal atau profesional. anda bisa saja memanfaatkan fasilitas hosting yang murah, dengan kapasitas yang kecil  (misanya 50 MB) jika hanya ingin praktek belajar membuat blog.

Hak atas kepemilikan hosting yang di sewa

Hal ini penting jika layanan hosting sering mengalami kendala, anda bisa pindah sewaktu waktu ke provider penyedia jasa lain, jadi pastikan anda mempunyai hak akses penuh atas hosting yang di sewa.

Fitur dan fasilitas

Lihat fitur dan fasilitas yang di tawarkan oleh penyedia jasa hosting tersebut, apakah sudah sesuai dengan fitur webhosting terbaru saat ini, biasanya penyedia jasa hosting memberikan demo Cpanel terbaru, agar calon konsumen bisa melihat sendiri, fitur apa yang di sediakan dan bisa di gunakan.

Penyimpanan Data dan Bandwidth yang Disediakan

Sudah menjadi kewajiban pihak penyedia hosting untuk menyediakan data dan bandwidth yang cukup untuk setiap paket yang di pilih, sebaiknya pilih dengan fasilitas yang bisa di upgrade, hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu website atau blog kebanjiran trafik, maka system masih bisa berjalan dengan optimal.

Hosting dengan pelayanan costumer servis yang knowledgeable

Jika pelayanan custumer servis memiliki kemampuan serta bisa berkomunikasi baik dengan pelanggan, akan memudahkan kita untuk mengatasi permasalahan yang tidak kita pahami, Banyak dari kita yang hanya mempuyai pengetahuan dasar tentang membuat blog saja, sedangkan permasalahan tehnis masih belum tentu mengatasi, dengan dukungan teknis dan pelayanan konsumen yang bagus, akan mempermudah konsumen mengatasi setiap permasalahan dalam webhosting.

Keamanan serta privasi data pengguna yang terjamin

Cloud Computing, File dan Web Hosting, ataupun tipe penyimpanan file online lain harus mendapat perhatian khusus, dengan keamanan dan tingkat privasi yang tinggi kepercayaan konsumen terhadap penyedia jasa hosting akan tetap terjaga dan membuat pengguna terus menggunakan layanan dari penyedia jasa hosting tersebut, reputasi adalah segalanya.

membeli-hosting-dan-domain-murah

Mau Membeli Hosting Dan Domain Murah, Baca Dulu Tips Ini

Dalam membeli Hosting Dan Domain Murah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Memulai sebuah bisnis online melalui sebuah situs website siapapun mengharapkan untuk mendapatkan yang terbaik termasuk dengan domain dan hosting yang murah yang sesuai dengan kebutuhan. Namun ada kalanya membeli domain dan hosting murah perlu dihindari mengingat resiko yang berupa kelemahan-kelemahan yang terdapat pada fasilitasnya. Untuk itu diperlukan ilmu pengetahuan mengenai tips mencari domain yang berkualitas, dan mengenai resiko yang dihadapi ketika menggunakan hosting dan domain murah.

Berikut ini Kami akan memberikan informasi tips bila Anda ingin membeli  domain murah dengan hosting yang juga murah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda memilih domain dan juga hosting yang murah yang umumnya akan terjadi pada Anda. Resiko ini dapat terjadi pada Anda jika Anda salah memilih dan menganalisa para penyedia layanan hosting dan domain. Atau kesalahan Anda dalam membandingkan sebuah situs layanan hosting yang Anda pilih dengan layanan hosting yang lain.

Resiko yang bisa Anda dapatkan antara lain:

  1. Anda tidak akan mendapatkan kapasitas memory yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan bahkan Anda akan mendapatkan memory yang tidak cukup dengan kebutuhan Anda sebagai pemilik domain ketika Anda melakukan posting.
  1. Biasanya akan bermasalah dengan server utamananya dan bahkan sering bermasalah atau bahkan bermasalah yang mengganggu segala aktifitas.
  2. Terkadang ada beberapa domain dan hosting Anda tidak tersimpan ke dalam sebuah layanan cloud linx. Bahkan munhkin Anda terkadang mendapatkan memory yang kosong dan lupa untuk membackupnya.
  1. Berbagai masalah lain bisa Anda rasakan di kemudian hari.

Tentunya Anda tidak mau semua itu terjadi kepada Anda kan ? Berikut Kami memberikan solusinya pada Anda bagaimana tips memilih domain murah tapi berkualitas:

  1. Sebaiknya Anda harus tidak malas untuk memperbandingkan website para penyedia layanan hosting atau domain sebelum membelinya.
  2. Carilah informasi web penyedia layanan hosting secara perlahan, dan pastikan semua informasi telah teridentifikasi yang nantinya akan menjadi target mendapatkan hosting dan domain terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Kemudian carilah informasi dari setiap web penyedia mengenai fitur-fitur yang mereka berikan kepada Anda.
  4. Jika Anda merasa web penyedia layanan hosting domain kurang lengkap Anda bisa bertanya dengan CS,  dan Anda juga bisa tanyakan mereka apakah benefit atau tidak. Karena layanan yang terbaik bisa dilihat dengan sikap ramah tamah yang terperinci mengenai informasi segala keunggulannya.
  5. Sebaiknya Anda perhatikan fasilitas utamanya yang berupa sever, memory, dan beberapa bagia lain seperti network port nya, Cpanel, dan lain-lain apakah sudah terupdate atau masih dalam versi yang lama.
  6. Lalu langkah terakhir Anda bisa membuat sebuah bagan atau skema guna mempermudah Anda dalam melihat dari segi harga, fasilitas dan hal lain yang cocok dengan yang Anda gunakan.

Itulah beberapa tips yang bisa Kami berikan informasinya untuk Anda yang membutuhkan informasi jika Anda ingin membeli domain dan hosting yang murah. Jika Anda tidak mau mengalami resiko tersebut Anda bisa percayakan pada Kami. Kami Jasa Bikin Blog Murah adalah penyedia layanan hosting yang memberikan berbagai fitur lengkap, serta siap memberikan layanan yang terbaik untuk Anda dengan harga yang terbaik dan kualitas yang terbaik.

Anda bisa langsung menghubungi Kami untuk pembelian, dan bagi Anda yang membutuhkan Tanya jawab seputar hosting dan domain Anda bisa langsung menghubungi Kami melalui online dan offline dengan Kami ke kontak yang tertera di website Kami.